miraclesthroughadoption

Minggu, 23 Oktober 2016

Tips Bagaimana Cara Membuat Puisi Yang Indah



Tips Bagaimana Cara Membuat Puisi Yang Indah

Tidak semua orang dikaruniai bakat yang sama oleh Tuhan. Sebagian bahkan ada yang memiliki bakat unik yang tidak dimilik orang lain. Begitu juga dalam dunia kepenulisan, dibutuhkan bakat yang memang ada didalam diri sendiri. Cara sederhana apakah kita punya bakat dalam suatu bidang adalah dengan melihat diri kita sendiri apakah kita tertarik pada suatu bidang keahlian. Menulis misalnya, apakah kita memiliki keinginan untuk menulis? Jika ada maka boleh dibilang bahwa kita juga mimiliki bakat dalam bidang tersebut hanya saja untuk bisa menjadi penulis hebat dan terkenal perlu dilatih atau diasah agar bakat yang ada bisa menjadi suatu keahlian yang memang bisa diandalkan.

Dalam hal menulis sebenarnya ada banyak bidang kepenulisan yang menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Misalnya penulis novel, penulis cerpen dan penulis puisi. Seorang yang memilik keahlian sebagai penulis novel belum tentu bisa menulis puisi yang indah dan begitu juga sebaliknya. 

Dalam hal ini kita akan membahas tips bagaimana cara membuat puisi yang indah. Dimana banyak sekali yang ingin menulis puisi namun masih belum bisa-bisa. Berikut ini saya kasi tipsnya.


1.       Baca puisi orang lain terlebih dahulu

Ini langkah pertama yang sederhana jika ingin mulai menulis puisi yaitu dengan cara membaca minimal 10 puisi karya orang lain terlebih dahulu. Fahamilah tata cara susunan puisi dan kemudian baru siapkan pulpen dan kertas atau notebook, komputer atau laptop tergantung kondisi lah.

2.       Bayangkan permasalahan yang kita hadapi

Puisi sebenarnya cara kita menyampaikan sesuatu dalam bentuk tulisan berupa kiasan yang samar. Untuk itu sampaikanlah tujuan atau permasalahan yang kita alami dalam bentuk puisi dengan sejujur-jujurnya. Dengan begini maka selain sudah menulis puisi juga kita menjadikan puisi sebagai wahana mengungkapkan isi hati seluruhnya, ini tentu membuat kita lebih tenang dan anti depresi.

3.       Dengarkan lagu yang menenangkan

Ini poin tambahan, yaitu sambil menulis puisi cobalah mendengarkan lagu yang membuat anda tenang. Mendengarkan lagu untuk menulis puisi ini memiliki dua tujuan yaitu yang pertama membuat rasa nyaman ketika menulis akibat mendengar irama yang anda senangi dan kedua juga bisa jadi anda lupa padanan kata-kata kiasan yang indah, dimana dengan mendengarkan lagu bisa mengingatkan kembali kata-kata indah yang pernah melintas di benak anda.

Oke, itulah tiga langkah sederhana untuk menulis puisi yang indah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tips Bagaimana Cara Membuat Puisi Yang Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar